Tips  

6 Cara Memasukan Aplikasi ke Playstore

Para kreator pemula perlu tahu gimana cara memasukan aplikasi ke Playstore. Terutama jika ingin dapat keuntungan dari aplikasi yang dibuat sendiri. Nah, pastinya calon developer ini wajib mengerti cara upload aplikasi ke Playstore. Apabila berhasil maka iklan terpasang bisa datangkan gaji bulanan yang menggiurkan.

Agaknya beberapa bentuk aplikasi android memang gratis bagi pengunduh. Meski begitu, developer tetap berpeluang dapat sejumlah uang dari Google. Semakin banyak yang download kemudian memakai aplikasinya kian banyak pula pendapatan diperoleh.

Baca Juga: 10 Cara Perpanjang SIM Online Lewat Aplikasi SINAR Digital Korlantas Polri

6 Cara Memasukan Aplikasi ke Playstore

Itulah mengapa sederet cara memasukkan aplikasi ke Playstore penting banget diperhatikan. Jika ingin mengunggah app dalam Playstore pahami dulu panduan upload agar tidak terjadi kesalahan.

Sebelum itu, siapkan perangkat komputer, email aktif, kartu kredit/VCC/VCN, smartphone serta berbagai informasi Store Listing yang berikut ini ya.

  • Browser Internet.
  • Akun developer dari Google Play.
  • File apk. yang sudah bertandatangan digital.
  • Gambar ikon aplikasi ukuran 512×512 dalam pixel.
  • Gambar header di Playstore.
  • Gambar screenshot aplikasi minimal 2.

Buat Layanan Konsol Google Play

Sebagai langkah pertama jangan lupa buat akun Google Play Developer melalui browser. Navigasi ke situs https://play.google.com/console/signup. Login selanjutnya cukup masukkan email dan password sebagai akun Google Play Developer kemudian mengisi formulir pendaftaran.

Lengkapi informasi secara benar serta gunakan nama sesuai identitas resmi di KTP dan data CC perbankan kamu. Persiapkan membayar sekitar 350 ribu-an agar bisa melanjutkan ke proses verifikasi. Dengan menyetujui isi perjanjian klik tombol Buat Akun dan Bayar melalui kartu kredit. Pastikan valid dan terdapat saldo cukup serta alamat penagihan sesuai identitas KTP. Melalui klik tombol Beli maka pembayaran segera dimulai.

Data verifikasi ID harus menggunakan scan KTP/SIM/Passport. Pastikan KTP yang diupload masih berlaku, tidak buram, tidak terpotong, data terbaca dengan jelas. Prosesnya berlangsung maksimal 1×24 jam atau bisa lebih cepat. Jika berhasil dapatkan akun Google Developer Play untuk akses login ke Google Play Console. Agar bebas mengkreasi aplikasi yang sudah dibuat.

Baca Juga: Apk Download Aplikasi My JNE Terbaru, Ini Keuntungannya!

Masuk Lewat Akun Google Play Developer

Sudah yakin menciptakan aplikasi atau game yang dibuat sendiri? Langkah berikut ini sekalian cara membuat aplikasi ke Playstore. Terutama setelah kamu mempunyai akun dari Google Play.

  • Persiapkan dulu lewat halaman Konsol Play.
  • Pilih semua aplikasi, kemudian buat aplikasinya.
  • Pilih Bahasa secara default. Tambahkan juga nama aplikasi yang mau ditampilkan pada Google Play.
  • Tentukan tipe aplikasi atau game.
  • Juga tentukan apakah ini gratis atau berbayar.
  • Jangan lupa tambahkan alamat email yang aktif. Tujuannya agar pengguna Playstore bisa mudah dihubungi.
  • Lalu pada bagian bagian “Deklarasi”, langsung saja ikuti tanda “Kebijakan Program Developer” serta juga “Hukum Ekspor Amerika Serikat.”
  • Terakhir, langsung setujui persyaratan layanan untuk penandatanganan aplikasi Play. Pilih saja opsi “Buat Aplikasi”. Selesai.

Menyiapkan Aplikasi

Sebagai persiapan maka dasbor aplikasi menjadi panduan untuk menuntaskan langkah-langkah penting agar aplikasi bisa publish di Google Play. Segera saja memulai dengan cara menyertakan detail konten aplikasinya. Lalu jangan lupa untuk menyertakan informasi daftar di Google Playstore.

Pada halaman Store Listing dimuat informasi yang tampil pada Playstore. Berbagai bentuk informasinya diperlukan sesuai aplikasi buatan tadi. Terutama di kolom harus disertakan tanda bintang required yang wajib diisi. Antara lain halaman Store Listing membuat nama, deskripsi singkat, deskripsi, ikon aplikasi, screenshot aplikasi (min. 2), feature graphic (header di Playstore), tipe aplikasi, kategori, content rating, e-mail, dan kebijakan privasi.

Baca Juga: Langkah dan Tips Mengatur Izin Aplikasi Android

Pastikan juga nama aplikasi tercantum dan mudah diingat. Sebaiknya ikuti tips pembuatan aplikasi atau ASO supaya lebih efektif. Tulis deskripsi singkat dengan kalimat maksimal 80 karakter untuk penjelasan yang ringkas.

Deskripsi lengkap jelaskan selengkap mungkin keunggulan dan keseruan aplikasi kamu supaya pengunjung tertarik install. Termasuk ikon aplikasi dengan file gambar berukuran 512×512 pixel. Sertakan Feature Graphic untuk Header dengan ukuran 1024×500 pixel.

Merilis Aplikasi di Google Playstore

Setelah melewati berbagai cara memasukan aplikasi ke Playstore tadi sekarang beralih ke sesi terakhir yaitu rilis aplikasi. Di sini kamu harus lewati tahap pengelolaan, pengujian app, dan juga promosi. Supaya calon pengguna lebih antusias dan awareness sebelum aplikasi resmi dirilis. Jadi segera saja klik “App Release”.

App Release merupakan wadah untuk mengupload Apk buatan dengan mengkilik di kolom Manage. Sebenarnya bukan cara yang sulit. Sebaiknya kita sedikit mengingat langkahnya lagi:

  • Pilih opsi semua aplikasi di bagian Menu.
  • Klik Tambah Aplikasi Baru.
  • Pilih bahasa default dari menu drop-down.
  • Tambahkan judul aplikasi tidak lebih dari 30 karakter.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Android 100% Work

Nah di bagian rilis ini yang penting mengunggah Kit Paket Android. Simpan, distribusi, dan menginstall di dalam android. Mengenai pengujian bisa dipilih dari pengujian internal, pengujian tertutup, ataupun pengujian terbuka. Setelah siap untuk memperkenalkan aplikasi ke audiens massal selanjutnya pilih rilis produksi.

Mengecek Rating

Jangan lupa cara memasukkan aplikasi ke Playstore harus menyertakan informasi rating. Supaya pengguna bebas mencantumkan rating atau peringkat sesuai penilaian. Caranya dengan memilih aplikasi di konsol kemudian klik store presence dari menu. Nah, rating Playstore untuk aplikasi begitupun diagram batang terkait menunjukkan angka ulasan bintang 1, 2, 3, 4, 5. Dihitung menurut rating kualitas terbaru aplikasi dari ulasan pengguna.

Saat mengisi Content Rating ada sejumlah cara utama. Cobalah klik Content Rating di sebelah kiri layar, dan klik tombol Continue, masukkan alamat email, konfirmasi email. Pada bagian pilih kategori untuk aplikasi silahkan pilih Content Aggregators, Consumer Stores, or Commercial Streaming Services.

Selanjutnya silahkan mengisi Questionnaire guna menghitung rating yang cocok untuk aplikasi kamu. Setelah selesai klik Save Questionnaire dan Klik Calculate Rating. Setelah halaman selanjutnya terbuka klik “Apply Rating”.

Distribusi Aplikasi

Point ini berkaitan pula dengan langkah upload yaitu Berbayar atau Gratis. Pilihan ppsi dapat diubah nantinya kecuali dari Gratis ke Berbayar. Gimana caranya?

Pertama pindah ke tab Tentukan Harga dan distribusi. Jika ingin mengubah pengaturan bayar penuhi persyaratannya. Kemudian pilih negara mana saja yang bisa download aplikasinya. Primarily Child-Directed: Pilih No. Contains Ads: Pilih No. Pada halaman terbawah bagian Consent centang ‘Content Guidelines dan US export Laws. Klik Save Drafts agar aplikasi siap dipublish.

Baca Juga: Ingin Jadi Youtuber? Berikut 3 Cara Upload Video ke Youtube

Itulah tadi 6 cara memasukkan aplikasi ke Playstore dan publikasikannya. Paling terakhir adalah Klik App Release kemudian ikuti petunjuk hingga sampai pada persetujuan Confirm. Setelahnya cukup menunggu masa review oleh pihak Google.

Apabila akun developer baru pertama upload aplikasi maka setidaknya butuh 8-12 jam untuk muncul di Playstore. Tentu saja diperlukan keseriusan dan kesabaran untuk mengikuti cara memasukan aplikasi ke Playstore ini. Dimulai dari membuat akun sampai tahap publikasi serta menunggu review. Apabila nanti aplikasi kamu bertahan di Google Playstore tentunya bisa menjadi sumber pendapatan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Simplenya Cara Mengupload Aplikasi ke Playstore
Total
8
Share