Tips  

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo, 100% Mudah

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo
Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo

Atas alasan keamanan dan privasi, ada baiknya memang menyembunyikan beberapa aplikasi penting seperti aplikasi e-wallet, mobile banking, aplikasi kripto, bahkan email perusahaan tempat kita bekerja. Jadi sewaktu-waktu Hp kita berpindah tangan entah karena dicuri, dipinjam, atau tercecer, informasi-informasi penting yang berkenaan dengan diri kita nggak mudah bobol ke mana-mana. Kebocoran informasi, peretasan akun, tak terlepas dari lemahnya sistem pengamanan yang kita terapkan pada gadget kita sendiri, terutama handphone. Khusus untuk pengguna Hp Oppo, kamu bisa pelajari gimana cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo ternyata mudah. Bahkan dari beberapa cara yang ada, nggak semuanya membutuhkan support aplikasi lainnya. Jika kamu merasa sudah waktunya untuk menyembunyikan beberapa aplikasi penting di Hp Oppo kamu, silakan pilih salah satu yang kamu rasa paling praktis dari beberapa cara berikut ini:

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama ini terbilang paling sederhana dan kompatibel untuk semua type smartphone OPPO. Paling pas untuk Hp Oppo yang kapasitas muatannya terbatas. Jadi kamu nggak perlu install aplikasi bantuan lain dulu untuk dapat melakukan ini.

  • Sebagai langkah awal, buka menu setting pada Hp Oppo kamu.
  • Selanjutnya, pilih keamanan dilanjutkan dengan mengklik kunci aplikasi.
  • Setelah itu, kamu buat dan masukkan kode verifikasi yang merupakan kode rahasia.
  • Jika sudah, silakan tentukan aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan. Lalu pilih “Aktivasi Verifikasi Kode Sandi”.
  • Sampai di tahap ini, buatlah nomor PIN sendiri sepanjang 16 karakter. Nomor tersebut ibarat kunci ketika kamu ingin masuk ke aplikasi-aplikasi yang kamu sembunyikan tadi.
  • Ketika nomor tersebut tersimpan, itu berarti cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo ini telah sukses kamu lakukan.

Cara Hidden Aplikasi Pada Smartphone OPPO Menggunakan Aplikasi App Lock

Seperti yang termuat pada beberapa paragraf sebelumnya, cara hidden aplikasi pada smartphone Oppo bisa juga dengan dukungan aplikasi lainnya. Kali ini menggunakan aplikasi App Lock. Kalau ingin mencobanya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, pastikan dulu di smartphonemu telah terinstall aplikasi App Lock. Kalau belum ada silakan download dulu aplikasinya di Playstore agar kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Bila sudah, bukalah aplikasi tersebut. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari dari home screen dengan cara membuat pola kunci.
  • Langkah selanjutnya, cantumkan akses data App Lock Usage.
  • Terakhir, tekan tombol back untuk kembali ke menu utama aplikasi App Lock. Tugasmu telah selesai. Aplikasi-aplikasi penting yang kamu pilih telah dalam status privat. Cuma kamu sendiri yang bisa mengaksesnya kembali.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Hp Oppo dengan Bantuan Aplikasi Microsoft Launcher

Tak hanya aplikasi App Lock, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Launcher untuk menyembunyikan beberapa aplikasi penting di Hp Oppo. Prosesnya pun sama sekali nggak ribet. Selama kamu mengikuti step by step cara hidden aplikasi pada smartphone Oppo ini dengan benar, maka tujuannya pasti berhasil.

Berikut panduan yang perlu kamu ikuti, jangan sampai ada yang terlewatkan ya:

  • Karena kita butuh support dari aplikasi Microsoft Launcher, maka tahap pertama yang harus kamu penuhi ialah mendownload aplikasinya terlebih dahulu lalu menginstallnya di smartphonemu.
  • Buka aplikasi Microsoft Launcher yang sudah terinstall, kemudian pilih tanda titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas. Tanda tersebut akan menampilkan beberapa opsi. Maka pilihlah opsi Hide App sesuai dengan tujuan awalmu yang ingin menyembunyikan aplikasi.
  • Tahap terakhir, pilihlah aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan. Dengan demikian, secara otomatis aplikasi-aplikasi yang kamu pilih tadi nggak bakal muncul di home screen. Ringkas banget, ‘kan?

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo dengan Aplikasi Hide Apps

Ini jadi alternatif keempat untuk kamu yang ingin mempelajari cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo. Dari nama aplikasinya saja udah ketahuan kalau ini memang dibuat untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi tertentu yang kita kehendaki.

Mantapnya lagi, tahapannya sangat mudah dan pengaplikasiannya bukan cuma pada Hp Oppo aja tapi juga sebagian besar merk smartphone lainnya. Bahkan saking mudahnya yang tadinya gaptek sekalipun pasti bisa mempraktikkannya sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sama seperti langkah awal pada cara-cara hidden aplikasi sebelum ini, kamu harus memastikan Hide Apps sudah terpasang di smarphone terlebih dahulu.
  • Untuk yang sudah install Hide Apps, kamu tinggal buka aplikasi tersebut. Lanjutkan dengan memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu hide.
  • Tahap berikutnya pilih menu setting. Klik opsi “ON” pada PIN protection.
  • Cantumkan nomor PIN sebanyak digit yang diminta. Sistem akan melakukan verifikasi atas nomor PIN yang kamu ajukan dan meminta konfirmasi ulang darimu. Setelah semua perintah kamu penuhi, maka aplikasi-aplikasi tadi akan tersetting privat. Hanya kamu atau orang-orang yang tahu PIN-mu dapat memunculkannya kembali di home screen.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo dengan Aplikasi Private Me

Aplikasi Private Me turut hadir untuk membantu pengguna smartphone menyembunyikan beberapa aplikasi penting. Selain itu, aplikasi ini punya fitur komplit yang fungsinya bukan sekadar menyembunyikan tapi juga menyamarkan notifikasi.

Misal kamu menerima pesan dari Whatsapp, tapi kamu nggak ingin orang lain mengetahuinya. Maka yang nanti muncul di layar handphonemu adalah notifikasi dari Instagram. Hebatnya lagi, Private Me bisa berfungsi di segala tipe android. Bahkan pada tipe-tipe jadul sekalipun.

Mengenai tata cara penggunaannya, hampir mirip dengan aplikasi-aplikasi sejenis. Install aplikasinya terlebih dahulu, kemudian buka dan pilih opsi yang tersedia sesuai dengan kepentinganmu.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Disembunyikan di Hp Oppo 

Ada sebagian orang yang mengalami kegagalan saat menerapkan cara-cara di atas. Akibatnya, aplikasi yang ingin mereka sembunyikan tetap saja muncul di home screen. Adapun penyebabnya, antara lain:

  • Tidak mengikuti petunjuk secara berurutan. Biasanya dialami oleh mereka yang gaptek atau justru kurang teliti.
  • Muatan di hanphone tidak memadai. Masalah ini akan menghambat proses install aplikasi pendukung. Sementara tanpa aplikasi tersebut, kamu nggak bisa melanjutkan tahap-tahap lainnya.
  • Muatan memadai, tapi sistem Hp lemot karena kepenuhan spam, cache, atau virus. Hp yang spamnya melimpah atau virusnya merajarela memang bakalan sering error. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkannya secara berkala.
  • Tipe Hp nggak kompatibel dengan aplikasi yang kamu gunakan. Sebagian aplikasi yang ada sekarang memang nggak semuanya cocok untuk segala tipe hp. Mungkin hp-mu tergolon jadul jadi beberapa aplikasi nggak bisa berfungsi di sana. Tapi jangan sedih, sebagian aplikasi lainnya tetap welcome kok dengan hp jadul. Tinggal pinter-pinter kamu memilihnya saja lagi.
  • Jaringan internet buruk. Cara-cara di atas memang membutuhkan koneksi internet yang memadai. Paling tidak untuk menginstall aplikasi yang kamu perlukan atau menerima notifikasi verifikasi via email nantinya.

Nah itu dia 5 cara menyembunyikan aplikasi di hp Oppo beserta penjelasan super lengkapnya. Save informasi ini, siapa tahu suatu saat nanti kamu membutuhkannya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News