5 Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat

Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat
Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat

Sebagai pengguna internet, mengambil file adalah hal yang sudah biasa dilakukan. Namun, terkadang pengambilan file bisa cepat dan bisa lambat. Sebenarnya apa yang mempengaruhi hal tersebut? Mungkin kamu belum menggunakan aplikasi yang tepat untuk pengambilan file. Agar bisa cepat dan anti ribet, terdapat sebuah aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat.

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat salah satunya adalah FTP atau File Transfer Protocol. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk pengambilan file secara mudah! Apa saja kelebihan dari FTP yang bisa kamu dapatkan? Selain FTP aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mengambil file secara cepat? Lebih jelasnya simak selengkapnya berikut ini!

Inilah Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat

Agar kamu bisa lebih mudah dalam mengambil file internet, silahkan coba aplikasi FTP yang memberikan pelayanan dengan maksimal sebagaimana berikut ini!

Tentang File Transfer Protocol (FTP)

Seperti yang dijelaskan di atas, FTP adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk mengambil file. Sudah banyak pengguna yang merasa puas dengan kinerja FTP sehingga menjadi aplikasi langganan untuk pengambilan file. Kelebihan lain dari aplikasi FTP adalah bisa digunakan pengambilan file pada jarak jauh sekalipun. Kamu pasti membutuhkan aplikasi ini kan?

Baca Juga: Hebat! 15 Aplikasi Android Tercanggih Setelah Di Root

FTP menggunakan koneksi device dengan perangkat web server hosting sehingga bisa mengakses seluruh data yang kamu butuhkan secara detail. Namun jangan lupa untuk mengecek internet kamu terlebih dahulu karena pada sebagian pengguna membutuhkan izin masuk untuk mengaksesnya.

Sebagai informasi tambahan, FTP adalah program yang sudah dikembangkan sebelum pengguna grafis. FTP masih dikirim menggunakan sistem operasi Windows, Linux, Unix dll. Dengan demikian maka FTP bisa digunakan dengan lebih bebas meskipun cara kerjanya yang sulit dimengerti pengguna awam.

Kelebihan File Transfer Protocol (FTP)

Selain bisa digunakan untuk pengambilan file dengan cepat, apa saja kelebihan lain dari FTP? Tentu saja kamu akan mendapatkan banyak keuntungan ketika menggunakan FTP dalam pengambilan data, seperti:

  • Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat. Selain pengambilan, kamu juga bisa mengirim file dalam jumlah yang banyak sekaligus dengan aplikasi internet ini.
  • Bisa digunakan untuk mentransfer file yang berukuran besar. Mentransfer file dalam ukuran besar masih belum bisa dilakukan oleh aplikasi lain, jadi jika kamu membutuhkannya silahkan gunakan FTP.
  • FTP memiliki fungsi backup data secara otomatis sehingga kamu tidak perlu khawatir file bocor atau terjadi hal lain yang tidak diinginkan.
  • FTP dibekali dengan software FTP client yang artinya bisa mengatur jadwal transfer data sesuai dengan keinginan agar lebih fleksibel.
  • Bisa digunakan untuk mereset data jika sewaktu-waktu internet kamu eror.
  • Tidak membutuhkan data yang banyak meskipun file yang diambil besar.
  • Bisa digunakan oleh berbagai sistem seperti Windows, Linux, Unix dan sistem yang lain.

Baca Juga: 14 Daftar Aplikasi Kamera Terbaik iPhone, Download di Sini!

Kekurangan File Transfer Protocol (FTP)

Nah, jika ada kelebihan tentu ada kekurangan yang bisa kamu dapatkan. Begitu juga dengan penggunaan FTP ini! Di samping bisa mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal, kekurangan yang bisa saja kamu dapatkan ketika menggunakan FTP di antaranya adalah:

  • Sistem keamanan atau enkripsi yang masih lemah sehingga jika tidak hati-hati memungkinkan data bisa diakses oleh peretas
  • Meskipun mempermudah pekerjaan, namun FTP cukup sulit untuk digunakan sehingga ditujukan untuk kamu yang sudah lama bergelut di dunia IT. Untuk pemula sebaiknya menggunakan aplikasi lain saja.
  • Notifikasi berhasil transfer file masih belum ada sehingga membuat kamu bingung apakah file sudah terkirim atau belum.
  • Serangan spoofing dan packet sniffing yang bertujuan untuk peretasan mungkin bisa saja menyerang, jadi simpanlah data dengan cepat agar tidak digunakan oleh peretas yang merugikan
  • Tidak dapat digunakan oleh para pemula karena sistem nya yang sulit dimengerti
  • Meskipun bisa digunakan untuk mengirim file berukuran besar, namun FTP butuh waktu yang lama untuk mengirim file berukuran besar

FTP, Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP. Kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu karena FTP tidak mudah untuk digunakan. Jika kamu mencari, di internet sudah banyak yang menggunakan FTP client. Apa saja aplikasi yang sudah menggunakan FTP? Di antaranya adalah:

FileZilla

Tahukah kamu apa itu FileZilla? FileZilla adalah FTP Client yang banyak digunakan untuk menghubungkan remote FTP. Aplikasi ini telah mengusung fitur yang lengkap sehingga bisa digunakan di sistem operasi Linux ataupun Windows. Apa saja kelebihan dari FileZilla?

Di antaranya adalah kamu bisa dengan mudah melakukan transisi simultan dan tetap bisa mengupload file meskipun jaringan sedang terputus. Semakin besar file yang akan diunggah semakin lama pula waktu untuk mengupload berkas file.

WINSP

Apa bedanya aplikasi WINSP dengan FileZilla? Keduanya merupakan aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat. Namun, perbedaannya adalah WINSP terhubung dengan beberapa protokol seperti FTP, SFTP, WebDev, dll.

Dengan demikian, maka WINSP bisa digunakan dengan lebih mudah dan lebih aman. Bagi kamu pengguna Windows, pilihan tepat menggunakan FTP adalah dengan WINSP ini karena didukung penuh oleh autentifikasi kunci publik dengan SSH.

Baca Juga: 7 Daftar Aplikasi untuk Android Root yang Bagus

GFTP

Berbeda dengan sebelumnya, GFTP disediakan khusus untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Linux. Siapapun yang sudah ahli bisa menggunakan aplikasi ini dan didalamnya sudah mendukung berbagai FTP seperti FTP, FTPS, HTTP, HTTPS, FSP, SSH dan lain sebagainya. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, aplikasi GFTP hanya bisa digunakan melalui koneksi FTP yang menggunakan antar jaringan lokal saja.

Cyberduck

Cara pengambilan file dengan FTP selanjutnya bisa melalui Cyberduck, kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang diarahkan agar pengambilan file dengan cara ini berhasil. Cyberduck merupakan aplikasi yang cukup mudah untuk digunakan mengambil file dibandingkan aplikasi lainnya. Hanya dengan menghubungkan FTP ke Cyberduck, maka semua pengiriman dan pengambilan file menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Download Aplikasi Real Followers for Instagram

Transmit

Transmit adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan mengakses FTP dengan cara memasukkan detail FTP ke monitor sebelah kanan. Transmit bisa diakses di Windows ataupun Linux sehingga terkesan lebih fleksibel. Server hosting akan mudah terhubung jika langkah-langkah yang dilakukan sesuai. Kamu bisa mencoba Transmit jika masih ragu dengan aplikasi yang lain.

Selain bisa digunakan untuk mengambil file, FTP juga bisa digunakan untuk mengirim file sebanyak apapun yang kamu mau. Oleh karena itu, bagi editor FTP memiliki fungsi yang sangat bagus dan lebih menghemat waktu. Jika kamu ingin mencoba cara pengambilan file dengan FTP, silahkan ikuti cara dan pilih aplikasi yang kami bahas di atas. Semoga informasi kali ini membantu ya!

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
7
Share