Tips  

4 Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Paling Mudah

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth
Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth sebenarnya mudah, hanya dengan beberapa langkah saja sudah selesai, oleh karena itu simak artikel ini sampai selesai.

Pengguna smartphone pastinya udah nggak asing dengan yang namanya bluetooth. Jaringan perangkat teknologi komunikasi data ini tertanam di dalam handphone untuk memberikan sebanyak-banyaknya kemudahan bagi pengguna.

Sifatnya yang nirkabel menyederhanakan proses penyaluran data. Jadi memungkinkan kita saling berkirim file kapan saja dengan instant tanpa harus saling menyambungkan kabel.

Sayangnya, kebanyakan orang menyangka bluetooth hanya untuk “perantara” berkirim foto saja. Padahal, dengan fitur ini kita bisa melakukan sesuatu yang lebih daripada itu, semisal mendengarkan lagu, menyambungkan mouse dengan keyboard, menyambungkan proyektor, tethering, atau bahkan mengirim aplikasi.

Minimnya pengetahuan tentang cara mengirim aplikasi lewat bluetooth bikin orang jadi kurang memaksimalkan fitur ini dalam penggunaan sehari-hari.

So, gimana sih cara kirim aplikasi via bluetooth? Apakah caranya sulit atau justru sebaliknya? Chek it out.

Panduan dan Tata Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi

Untuk sementara ini, cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi memang belum berlaku pada semua jenis handphone. Baru beberapa vendor smartphone saja yang bisa mengakomodirnya. Kebanyakan sih smartphone besutan Xiomi.

Buat kamu yang memiliki smartphone berlabel tersebut dan belum tahu gimana cara kirim aplikasi via bluetooth, silakan ikuti panduannya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan sudah pasti mengaktifkan bluetooth handphonemu terlebih dahulu. Pastikan juga bluetooth si penerima juga dalam keadaan aktif agar keduanya bisa saling terkoneksi.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi apa yang ingin kirim lewat bluetooth. Kalau sudah tahu, klik menu setting yang terdapat pada aplikasi tersebut. Jika sudah, kamu lanjutkan dengan memilih opsi pengaturan aplikasi. ketuk dan tahan aplikasi yang kamu pilih sampai muncul opsi share. Jangan ragu, silakan kamu klik opsi tersebut agar sistem beroperasi.
  • Setelah kamu mengklik opsi share, di layar handphonemu akan muncul nama bluetooth. Bisa saja ada beberapa nama sekaligus keluar. Itu menandakan nama-nama bluetooth tersebut pernah terkoneksi dengan bluetooth handphonemu. Klik saja bluetooth yang mana satu yang ingin kamu kirimkan aplikasi. Persis seperti saat kamu menggunakannya untuk berkirim file foto.
  • Secara otomatis bluetooth akan menjalankan perintah kamu untuk mengirimkan aplikasi ke perangkat penerima.

Jika tidak ada kendala, cara mengirim aplikasi lewat bluetooth ini nggak makan waktu lama. Umumnya kurang dari satu menit proses transfer ke perangkat penerima akan beres.

Cara Kirim Aplikasi Melalui Bluetooth Menggunakan Aplikasi Share Cloud

Jangan buru-buru menyerah jika cara yang pertama gagal. Masih ada kok cara kirim aplikasi ia bluetooth lainnya yang bisa kamu coba. Menggunakan aplikasi share cloud, misalnya. Sebagian orang yang pernah mencoba mengakui cara yang kedua ini lebih gampang dan tingkat kegagalannya kecil.

Mantapnya lagi nih, dengan support aplikasi Share Cloud kamu bisa berkirim aplikasi melalui hotspot (tanpa data), Whatsapp, email, bahkan media sosial sejuta umat: Facebook. Bagi yang ingin mencoba cara kirim aplikasi melalui bluetooth, silakan ikuti panduannya berikut ini.

  • Pada tahap paling awal, kamu harus menginstal aplikasi Share Cloud di perangkatmu. Kemudian buka aplikasi tersebut apabila sudah terpasang.
  • Langkah berikutnya, silakan pilih aplikasi apa yang ingin kamu kirim. Baru kemudian klik icon share dilanjutkan dengan memilih opsi bluetooth.
  • Bluetooth akan menjalankan perintah pengiriman aplikasi. Kamu tinggal tunggu sampai proses pengirimannya selesai. Ringkas banget, ‘kan?

Cara Mengirim Aplikasi Melalui Bluetooth Menggunakan ES File Explorer

Selain aplikasi Share Cloud, bluetooth juga bisa berfungsi pada aplikasi ES File Explorer untuk urusan berkirim file. Sama halnya dengan dua cara sebelumnya, cara yang ketiga ini pun sebenarnya tergolong mudah asal kamu mau mengikuti step-stepnya dengan benar berikut ini.

  • Pertama, pastikan di perangkatmu sudah terpasang aplikasi ES File Explorer. Kalau belum silakan install dulu supaya bisa lanjut ke step berikutnya.
  • Buka menu APP yang tersedia pada laman utama aplikasi ES File Explorer. Di situ kamu bisa lihat daftar aplikasi yang tersedia. Nah, kamu tinggal pilih aplikasi apa yang ingin dikirim.
  • Ketuk dan tahan aplikasi yang sudah kamu pilih tadi sampai muncul opsi “Share” lalu klik.
  • Selanjutnya, klik opsi bluetooth supaya proses pengiriman aplikasi bisa segera berjalan.
  • Tahap terakhir, kamu tinggal tunggu proses pengiriman selesai 100%.

Cara Kirim Aplikasi Via Bluetooth dengan Aplikasi Backup & Restore

Ada lagi cara lainnya yang bisa kamu coba jika ingin berkirim aplikasi melalui bluetooth. Kali ini menggunakan aplikasi backup & restore. Sebagian orang menyangka bahwa aplikasi backup & restore hanya berguna untuk “membentengi” dan mengembalikan data-data penting bilamana sewaktu-waktu hilang karena malware atau ulah hacker.

Padahal aplikasi tersebut juga menyediakan fitur untuk mengirim aplikasi melalui bluetooth. Begini langkah-langkahnya:

  • Cek di perangkatmu apakah aplikasi backup and restore sudah terpasang atau belum. Kalau belum, tentu saja kamu harus download dan install dulu aplikasinya.
  • Berikutnya, aktifkan bluetooth di perangkatmu dan perangkat penerima.
  • Lanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin kamu kirim.
  • Jika sudah, ketuk “Send” yang terdapat pada bagian kanan di menu aplikasi yang kamu pilih tadi. Proses pengiriman akan segera berjalan. Tunggu hingga proses selesai 100% dan aplikasi tersebut akan sampai ke perangkat penerima.

Penyebab Proses Pengiriman Aplikasi Via Bluetooth Gagal

Tidak menutup kemungkinan ada sebagain orang yang mengalami kegagalan kirim aplikasi via bluetooth meskipun sudah mengikuti step by step dengan benar. Penyebabnya beragam. Salah satunya mungkin kamu mengalami masalah berikut ini.

Aplikasi Android Error kerena Cache Tak Pernah Dibersihkan

Cache merupakan proses penyimpanan data sementara dari apa yang sudah kamu telusuri atau kamu gunakan sebelumnya pada sebuah aplikasi, situs, atau browser. Sebenarnya ini memudahkan manakala kita ingin mengakases ulang karena sudah terangkum dalam history.

Namun, cache yang menumpuk dapat memberatkan kerja sistem perangkatmu sendiri. Akibatnya beberapa fitur atau aplikasi error. Kegagalan mengirim aplikasi via bluetooth boleh jadi disebabkan oleh cache tersebut. Solusinya, biasakan menghapus cache secara berkala untuk mengurangi beban kerja perangkat.

Beberapa Aplikasi Tidak Selesai Bekerja

Gagalnya cara-cara di atas bisa juga karena ada aplikasi berjalan yang tidak selesai sebagaimana mestinya. Yang kayak gini dapat mempengaruhi terhambatnya sistem menerima perintah baru. Untuk mengatasinya, kamu tinggal hapus file-file yang sekiranya nggak lagi diperlukan, spam, dan cache.

Caranya, masuk ke menu pengaturan>>manajemen aplikasi>>berbagi melalui bluetoooth. Lalu, pilih opsi “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Jika kedua solusi di atas nggak bisa menyelesaikan masalahmu, kemungkinan kamu harus melakukan factory reset. Namun jangan lupa untuk membackup datamu terlebih dahulu karena factory risiko berisiko menghilangkan data sebagian besar bahkan sepenuhnya.

Begitulah cara mengirim aplikasi lewat bluetooth. Semoga dapat menambah wawasan dan mempermudah kamu dalam berikirim aplikasi ke teman-teman lainnya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News