4 Cara Daftar Kartu Prakerja dan Syarat Pendaftarnya 2022

Cara daftar kartu prakerja tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bahkan jika baru pertama kali mencoba untuk mendaftar ke program ini. Sehingga siapapun yang memenuhi syarat bisa mencoba untuk mendaftarkan diri mengikuti program yang resmi dibuat oleh Pemerintah Indonesia.

Program ini sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 2020 lalu dan masih dijalankan hingga sekarang.

Apa itu Prakerja?

Apa-itu-Prakerja

Prakerja adalah suatu program yang diadakan secara khusus oleh pemerintah Indonesia dan aktif berjalan mulai tahun 2020 lalu. Hingga kini program tersebut sudah berjalan hampir dua tahun lamanya dan sudah memiliki banyak sekali lulusan dari program pemerintah ini.

Tak sedikit pula yang sudah merasakan manfaat dari program ini dengan mendapatkan insentif langsung serta ilmu yang dibagikan. Setiap anggota yang berhasil mengikuti program prakerja, mereka akan mendapatkan kartu prakerja.

Kartu prakerja ini merupakan bagian dari program pemerintah yang mulanya bertujuan untuk mengembangkan skill dan bakat anak muda. Khususnya pada usia produktif agar memiliki skill dan keterampilan yang lebih baik.

Sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan skill dan kemampuannya. Namun pada akhir tahun 2019 lalu, ketika dunia menghadapi kondisi pandemi yang mematikan sektor ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Program prakerja pun mulai dijalankan lebih cepat dari rencana awal sebagai salah satu solusi untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Indonesia. pengadaan Kartu Kerja Nasional memang dilakukan lebih cepat untuk membantu para pekerja yang terkena PHK.

Jika awalnya program ini menyasar kalangan anak mudah dan produktif untuk membantu mereka memiliki skill dan kemampuan bekerja dengan lebih baik. Tapi akhirnya program ini ditujukan bagi para pekerja yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19.

Program ini pun dimulai pada bulan April 2020 dan diharapkan mampu membantu para pekerja yang terdampak pandemi. Serta anak muda yang masih produktif untuk aktif meningkatkan kemampuan dan skill mereka di bidang pekerjaan.

Pada tahun 2020, Pemerintah telah menggelontorkan dana hingga 1 Triliun untuk mendukung program ini. Dan pada tahun 2021 ini, Pemerintah menyiapkan dana dua kali lipat dari tahun lalu yakni hingga 20 Triliun.

Artinya kesempatan untuk mendapatkan kartu prakerja terbuka dengan lebar. Karena kuota yang dibuka menjadi lebih banyak dibanding tahun lalu.

Peserta yang berhasil lolos karena tahu bagaimana cara daftar kartu prakerja dengan benar sehingga berhasil mendapatkan kartu prakerja. Maka berhak mendapatkan uang tunai sejumlah Rp. 3,5 juta selama program ini berlangsung.

Insentif atau dana tersebut tidak akan diberikan secara langsung melainkan bertahap dengan memberikan dana sebesar Rp. 1 juta ketika berhasil lolos sebagai dana pelatihan. Lalu akan mendapatkan insentif setiap bulan dengan nominal Rp. 600 ribu.

Dan akan diberikan setiap bulan selama 4 bulan masa pelatihan. Lalu juga akan mendapatkan dana sebesar Rp. 150 ribu sebagai dana insentif survei.

Tujuan Program Prakerja

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar kartu prakerja agar dapat diterima dan lolos seleksi sehingga bisa memperoleh insentif dan pelatihan yang bermanfaat untuk mengasah skill serta kemampuan di dunia kerja.

Berikut ini adalah tujuan dari diadakannya program prakerja:

1. Memberikan Pelatihan Khusus

Memberikan-Pelatihan-Khusus

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk padat di dunia, namun kepadatan jumlah penduduk ini tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja. Atau dengan kata lain, cukup sulit mencari pekerjaan di Indonesia.

Hal ini tidak hanya dikarenakan Indonesia kekurangan lowongan pekerjaan, namun juga dikarenakan kekurangan tenaga kerja yang berkualitas. Karena rata-rata SDM di Indonesia memiliki kualitas yang terbilang masih rendah.

Padahal Indonesia memiliki jumlah penduduk di usia muda dan produktif yang cukup banyak. Namun karena kualitas SDM di negara ini yang terbilang cukup rendah sehingga membuat mereka sulit bersaing di dunia kerja.

Alhasil Indonesia justru dipenuhi oleh pekerja asing yang dianggap memiliki kualitas kerja lebih baik. Atas dasar inilah program prakerja dibuat agar bisa meningkatkan skill dan kemampuan bagi masyarakat Indonesia. Khususnya di usia produktif melalui sebuah pelatihan.

2. Meningkatkan Kualitas SDM di Indonesia

Meningkatkan-Kualitas-SDM-di-Indonesia

Rata-rata kualitas SDM di Indonesia masih terbilang rendah sehingga dianggap kurang mampu bersaing di dunia kerja. Oleh sebab itu, agar masyarakat Indonesia tidak menjadi budak di negaranya sendiri dengan hanya menjadi pekerja.

Maka program prakerja memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia menaikkan kualitas SDM di negara ini. Sehingga bisa melahirkan pekerja yang memiliki skill, kreatif, inovatif dan pastinya berjiwa kepemimpinan.

Agar mampu mendominasi dunia kerja di negara sendiri atau bahkan bersaing di dunia kerja berstandar global.

3. Membantu Perekonomian Rakyat

Membantu-Perekonomian-Rakyat

Program prakerja dimulai bertepatan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang harus kehilangan pekerjaan. Belum lagi harus menghadapi perekonomian yang sulit karena terdampak dengan pandemi.

Oleh sebab itu, program ini bahkan sengaja dibuat untuk membantu para pekerja yang terdampak adanya Pandemi Covid-19. Dengan menyediakan dana insentif yang bisa didapatkan setelah selesai mengikuti pelatihan. Insentif yang akan didapatkan adalah sebesar Rp. 3,5 juta.

Dana ini tidak akan diberikan secara cuma-cuma namun akan diberikan jika anggota prakerja sudah berhasil menyelesaikan pelatihan yang diberikan. Jadi dana yang diberikan tidak akan sia-sia karena bisa berguna sebagai modal usaha.

Dan pelatihan yang diberikan bisa membantu anggota prakerja untuk memperoleh skill dan kemampuan khususnya di bidang wirausaha. Hal ini sangat berguna di masa pandemi di mana banyak orang harus kehilangan pekerjaan mereka.

4. Mendapatkan Peluang Kerja Lebih Mudah

Mendapatkan-Peluang-Kerja-Lebih-Mudah

Anggota program prakerja akan mendapatkan pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan yang bekerja sama dengan program ini. Tak hanya bisa mendapatkan pelatihan, anggotanya pun berkesempatan untuk membangun relasi yang lebih luas.

Sehingga dengan begini dapat membantu anggota lulusan program prakerja memiliki peluang kerja yang lebih terbuka lebar.

Manfaat Mengikuti Program Prakerja

Manfaat-Mengikuti-Program-Prakerja

Cara daftar kartu prakerja memang sangat mudah, hal ini dilakukan agar semua orang bisa mengikutinya dan mendapatkan banyak manfaat dari program ini. Dimulai sejak tahun 2020 lalu, berikut manfaat yang akan dirasakan oleh anggota yang ikut program prakerja:

  1. Dapat membantu untuk meringankan biaya pelatihan karena akan ditanggung oleh pemerintah dan perusahaan yang bekerja sama.
  2. Tidak perlu menyediakan biaya untuk mencari informasi penting yang berkaitan tentang pelatihan.
  3. Adanya mismatch yang bisa membantu pekerja untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah.
  4. Mendapatkan skill dan pelatihan secara gratis dengan ilmu yang sangat berguna di dunia kerja.

Kapan Program Prakerja Dibuka?

Kapan-Program-Prakerja-Dibuka

Hingga pada bulan November 2021 ini, program prakerja sudah memasuki gelombang ke 22. Dan pada gelombang 22 ini, dibuka pada 25 November 2021. Ada beberapa persyaratan yang harus diketahui sebelum mencari tahu bagaimana cara daftar kartu prakerja. Karena banyak yang tidak lolos seleksi akibat tidak melihat persyaratan dengan benar.

Secara umum persyaratan yang diberikan tidaklah terlalu rumit dan memberatkan bagi masyarakat Indonesia. Justru syarat yang diberikan terbilang cukup mudah karena tidak membutuhkan persyaratan khusus.

Hal ini tentu bertujuan untuk membuat siapa saja bisa mendaftarkan diri sebagai penerima kartu prakterja. Mengingat ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan jika berhasil lolos seleksi dan mendapatkan kartu prakerja.

Keuntungan pertama tentu berupa pelatihan gratis yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar dan ternama di Indonesia secara gratis bagi pesertanya. Selain itu insentif yang didapatkan juga cukup menjanjikan mengingat sedang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi.

Untuk gelombang terbaru akan dibuka secara berkala, update terus informasi mengenai program prakerja di akun Instagram resmi prakerja @prakerja.go.id.

1. Insentif Prakerja

Jika berhasil lolos pendaftaran dan mendapatkan kartu prakerja maka akan mendapatkan insentif berupa:

  1. Mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp. 1 Juta.
  2. Biaya untuk mencari kerja sebesar Rp. 600 ribu yang akan diberikan setiap bulan selama 4 bulan. Maka totalnya adalah Rp. 2,4 juta.
  3. Mendapatkan insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp. 50 ribu setiap kali melakukan survei. Dan akan diberikan sebanyak 3 kali survei. Sehingga total yang akan didapatkan adalah sebesar Rp. 150 ribu.

Jumlah insentif yang diberikan akan dapat dilihat pada bagian dashboard prakerja. Sehingga jangan lupa untuk memeriksanya secara berkala ya.

2. Pemberian Insentif

Pemberian insentif sendiri tidak akan langsung diberikan satu kali melainkan akan diberikan secara berkala dengan skema yang sudah diatur sedemikian rupa. Berikut ini skema pemberian insentif prakerja:

  1. Insentif pertama akan diberikan jika sudah menyelesaikan pelatihan dengan mendapatkan sertifikat.
  2. Insentif untuk mencari kerja akan diberikan jika sudah berhasil menyelesaikan pelatihan pertama. Lalu insentif berikutnya juga akan diberikan jika sudah menyelesaikan pelatihan kedua, dan seterusnya.
  3. Selanjutnya insentif berupa biaya survei akan diberikan jika penerima kartu prakerka telah memberikan penilaian pada Lembaga Pelatihan yang tersedia Platform Digital.
  4. Insentif juga hanya dapat terkirim jika sudah menambahkan nomor rekening bank atau e-wallet pada akun yang ada di situs resmi prakerja.go.id.
  5. Selain  itu nomor rekening maupun e-wallet yang didaftarkan juga harus menggunakan nama dan NIK yang sesuai dengan nama dan NIK yang digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima kartu prakerja.
🔴 BACA JUGA:  11 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula Jelas!!

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Syarat-Daftar-Kartu-Prakerja

Sudah tahu kan, apa saja manfaat dan tujuan dari program prakerja yang pastinya akan membuat penerima program ini mendapatkan banyak sekali kelebihan sebagai seorang pekerja dan seseorang yang masih berusia produktif.

Tapi sebelum mendaftar, pastikan sudah tahu apa saja syarat daftar kartu prakerja:

  1. Syarat pertama sudah pasti adalah Warga Negara Indonesia yang sah atau WNI.
  2. Sudah memiliki KTP dan wajib berusia minimal 18 tahun.
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal seperti sekolah dan kuliah.
  4. Berusia produktif dan pekerja yang sedang mencari kerja atau merupakan korban PHK.
  5. Wirausaha.
  6. Bukan Aparatur Sipil atau ASN, TNI dan Polri. Bukan juga anggota dari DPR dan DPRD. Bukan termasuk aparat dan perangkat desa maupun pejabat BUMN atau BUMD.
  7. Tidak menerima bantuan pemerintah lainnya. Seperti BPUM, BLT dan bantuan lainnya.
  8. Dalam satu Kartu Keluarga hanya boleh mendaftarkan dua NIK saja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara-Daftar-Kartu-Prakerja

Program prakerja dibuka secara berkala dan pastikan untuk selalu update berita terbaru baik dari situs resminya atau dari akun Instagram.

Agar nanti siap saat gelombang pendaftaran terbaru dibuka, berikut ini adalah beberapa langkah untuk mendaftarkan diri sebagai penerima kartu prakerja. Tapi pastikan juga sudah memenuhi syarat di atas, agar bisa lolos seleksi.

1. Membuat Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mendaftarkan diri adalah dengan membuat akun di situs resmi prakerja. Cara ini wajib dilakukan bagi yang baru pertama kali mencoba mendaftarkan diri.

Namun jika sudah memiliki akun, maka bisa lewati langkah yang ini ya.

  1. Buka situs resmi program prakerja di alamat prakerja.go.id.
  2. Lalu masukkan nama lengkap, email dan kata sandi pada kolom yang tersedia.
  3. Klik Daftar untuk membuat akun ya,
  4. Selesai dan sudah kini sudah berhasil membuat akun prakerja yang bisa dibuka untuk mendaftar ke gelombang berikutnya.

2. Mendaftarkan Diri

Jika akun prakerja sudah berhasil dibuat maka langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan diri ke program prakerja. Kesempatan ini sendiri hanya datang sekali seumur hidup jadi bagi yang sudah memenuhi syarat sebaiknya jangan sia-siakan ya.

Siapkan KTP untuk mendaftarkan diri karena merupakan syarat wajib untuk mendaftar program prakerja:

  1. Isi kolom KTP dengan nomor NIK.
  2. Verifikasi NIK lalu klik Berikutnya.
  3. Unggah foto KTP dan foto diri bersama dengan KTP.
  4. Masukkan nomor HP dan lakukan verifikasi.
  5. Jika semua kolom sudah diisi maka bisa langsung klik Kirim.
  6. Berikutnya akan diberi beberapa pertanyaan seperti, ‘Apakah sudah pernah bekerja sebelumnya?’. Dan beberapa pertanyaan yang sifatnya ringan, pribadi dan berhubungan dengan dunia pekerjaan.
  7. Jawab semua pertanyaan sejujur-jujurnya karena akan berhubungan dengan pelatihan yang akan didapatkan nanti. 

3. Lakukan Tes, seleksi, dan kelolosan

Jika sudah berhasil lolos program prakerja maka selanjutnya lakukan tes minat dan bakat yang akan dilakukan secara online. jika sudah selesai maka selanjutnya akan melakukan seleksi batch yang dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan dan domisili.

Pastikan untuk memeriksa kembali semua data yang dikirimkan sudah benar untuk melanjutkan ke langkah pendaftaran berikutnya. Setelah itu yang harus dilakukan hanyalah menunggu proses evaluasi yang akan dilakukan oleh tim kartu prakerja.

Jika berhasil lolos tes maka akan mendapatkan pemberitahuan di akun prakerja dan periksa batch, periode dan area yang dipilih apakah sudah benar atau belum. Dan jika sudah benar maka bisa klik Gabung.

Selanjutnya tinggal mengikuti program pelatihan yang sudah tersedia sesuai dengan batch dan area yang sudah dipilih.

4. Menerima Insentif

Setelah menyelesaikan program pelatihan maka anggota akan mendapatkan nilai tertentu yang diberikan untuk menilai kinerjanya. Dan insentif pun bisa didapatkan jika pelatihan sudah selesai dilakukan.

Berikan nilai mengenai pelatihan yang baru saja dijalani agar bisa mendapatkan biaya survei.

Besaran insentif sendiri akan bisa dilihat pada halaman dashboard di akun prakerja dan insentif ini akan bisa dicairkan secara berkala. Insentif akan dikirimkan ke rekening Bank dan E-wallet sesuai dengan nama dan NIK penerima kartu prakerja.

Sehingga tidak bisa menggunakan rekening atau E-Wallet orang lain untuk mencairkan dana insentif yang didapatkan.

Terbukti kan, jika cara daftar kartu prakerja cukup mudah asalkan memenuhi syarat maka sudah bisa dipastikan lolos mendaftarkan diri sebagai penerima kartu prakerja.

 

Lihat Juga :

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share