Tips  

3 Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop dan PC OS Windows  

Bagi umat Islam, sholat lima waktu menjadi ibadah wajib. Tapi ada satu lagi kebiasaan yang bernilai pahala. Tidak lain adalah melantunkan ayat suci Al Quran. Allah SWT menjanjikan pahala berlipat ganda jika membacanya. Bahkan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci saja sudah mendapatkan pahala yang luar biasa. Kini, Kitabullah berkembang dalam bentuk digital. Sebelum itu, kamu memerlukan cara menginstal aplikasi Al Quran di laptop atau PC.

Perkembangan teknologi nyatanya tidak menyurutkan niat beribadah. Terutama untuk membaca kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Perangkat lunak khusus menampilkan ayat suci ini sudah beredar luas.

Kamu bisa menambahkannya pada OS Windows. Dengan cara menginstal aplikasi Al Quran di laptop, kamu bisa membaca kapanpun. Bahkan saat disela kegiatan yang padat.

Keberadaan Al Quran digital pada komputer ini mempermudah ibadah. Tapi, bukan berarti menggantikan mushaf fisik. Perangkat ini bersifat fleksibel. Sehingga melantunkan ayat Allah SWT tetap bisa dilakukan.

Meskipun kamu tidak membawa kitab fisik, masih bisa membaca langsung. Kamu hanya perlu memasang pada OS windows. Sangat penting menerapkan cara menginstal aplikasi Al Quran di laptop dengan benar. Agar perangkat ini dapat berjalan sempurna.

Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop Awali dengan Install Emulator

Cara menginstal aplikasi Al Quran di laptop OS windows tidak sama dengan smartphone. Karena kamu membutuhkan pihak ketiga untuk memasangnya. Perangkat lunak sebagai pendukung ini disebut emulator.

Fungsinya agar software kitab suci ini kompatibel dengan sistem operasi laptop. Sehingga aplikasi dapat bekerja secara optimal. Berikut ini langkah awal yang harus ditempuh.

Mengunjungi Windows AppStore

Emulator untuk laptop sistem operasi windows kamu dapatkan di Widows AppStore. Kamu bisa mengunjungi website-nya melalui browser. Software emulator ini sebenarnya ada banyak. Kamu bisa mendapatkan juga melalui situs-situs terpercaya, terutama yang membahas tentang teknologi.

Mencari Aplikasi Emulator

Beberapa emulator yang biasa digunakan, antara lain Bluestack, MemuPlay, dan tautan aplikasi Nox. Lanjutkan dengan mencari emulator yang kamu inginkan. Jika sudah menemukan, lanjutkan mengunduh perangkat.

Download Emulator

Klik icon download atau unduh pada tautan emulator. Tombol ini biasanya sudah tersedia di dekat aplikasi. Maka akan muncul progres unduhan. Tunggu hingga emulator terunduh 100%. Kecepatan mengunduh software perantara ini berbeda-beda. Tergantung dari kapasitas emulator. Paling penting kamu perlu menyiapkan internet yang stabil. Agar proses download cepat selesai sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama.

Memasang Emulator pada Laptop

Kamu belum bisa menggunakan emulator begitu selesai mengunduh. Sehingga perlu mengistall terlebih dahulu. Karena aplikasi pada laptop cara instalasinya tidak sama dengan laptop. Ini disebabkan karena perbedaan versi pada smartphone dan laptop.

Bukalah folder Download pada PC. Klik dua kali pada icon file emulator. Maka muncul jendela Set Up. Ikuti semua perintah yang ada pada jendela tersebut. Proses penginstalan sama seperti aplikasi lain. Setelah yakin, klik “Set Up” atau “OK”.

Selesai

Setelah terinstall, simbol emulator akan muncul pada desktop. Ini menandakan proses pemasangan perangkat pihak ketiga berhasil. Kamu bisa langsung menggunakan. Jika ada program yang tidak terproses atau corrupt, biasanya muncul tanda peringatan sehingga perlu mencari emulator lain.

Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop Windows 7-10

Tampilan Al Quran digital sungguh menarik. Barisan kalimatnya begitu rapi. Sehingga kamu nyaman membacanya. Meskipun tersedia platform untuk smartphone, bisa juga dipasang pada laptop.

Bahkan sistem windows cukup mendukung Kitabullah digital ini. Hanya saja, perlu memperhatikan versinya. Karena aplikasi ini memiliki perbedaan tingkat kompabilitas. Sehingga memerlukan platform yang sesuai.

Berikut ini cara menginstal aplikasi Al Quran di laptop Windows 7, 8, dan 10.

Membuka Emulator yang Sudah Terpasang

Kamu harus membuka emulator terlebih dahulu. Caranya, klik icon emulator yang sukses terinstall. Karena baru pertama kali, kamu perlu menunggu beberapa saat. Software bantuan ini sedang memuat programnya. Jika berhasil maka monitor dapat menampilkan beranda.

Mengetikkan Nama Aplikasi Al Quran

Langkah selanjutnya adalah menuju kolom pencarian. Ini bertujuan untuk menemukan aplikasi ayat yang diturunkan kepada Rasulullah Saw. Cukup dengan menempatkan kursor pada kolom pencarian tersebut.

Kemudian ketik nama perangkat lunak ayat-ayat suci yang ingin kamu pasang pada laptop atau PC. Misalkan, ketik saja kata kunci “Al Quran”. Maka akan muncul deretan software yang sesuai. Karena emulator ini prinsipnya hampir sama seperti Google Playstore atau AppStore.

Menginstal Software pada Laptop

Setelah nama perangkat ketemu, silakan melanjutkan proses instalasi. Klik pada tombol “Install”. Maka proses pemasangan mulai berjalan pada emulator. Biasanya, progres instalasi berada di bagian bawah media bantuan ini.

Mulai Menggunakan Software

Kamu bisa menggunakan perangkat ayat suci ini begitu pemasangan selesai. Klik dua kali pada icon aplikasi yang berisi kalimat Allah SWT ini. Sehingga tampilan halaman sampul akan nampak. Kamu sudah bisa membolak-balikkan halaman kitab digital ini.

Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop Windows 11

Meski sama-sama menggunakan OS Windows, tapi aplikasi yang digunakan berbeda. Ada perbedaan cara dan teknik menginstall Al Quran digital pada windows 11. Karena ini merupakan sistem yang terbaru maka perbaikan sudah dilakukan. Termasuk dalam pemasangan software.

Poin yang paling penting adalah menginstall Amazon AppStore terlebih dahulu. Baru kamu bisa melanjutkan ke tahap yang berikutnya, yaitu:

Pemeriksaan Sistem pada Laptop

Kamu perlu mengatur PC atau laptopmu sebelum menambah perangkat Al Quran. Kamu harus memeriksa apakah laptop kompatibel terhadap software ini. Karena sistem operasi windows 11 memiliki spesifikasi lain sehingga cukup sulit untuk memasang sembarang aplikasi.

Ada persyaratan minimum yang harus diperiksa. Agar setiap ayat suci dapat terpasang dengan baik. Kapasitas RAM (Random Access Memory) minimal 8 GB. Sedangkan untuk performa bagus, lebih baik menggunakan kapasitas 16 GB. Metode penyimpanan menggunakan SSD (Solid State Drive).

Jenis prosesor yang digunakan minimal Intel Core i3 8th Gen. Dengan AMD Ryzen minimal 3000. Boleh juga menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8c. Penggunaan arsitektur prosesor yang diperbolehkan adalah x64 atau ARM64.

Memeriksa Versi dari Software Al Quran

Sebelum terlanjur memasang perangkat, periksa dahulu versi aplikasimu. Apakah perangkat lunak tersebut memang untuk versi Windows atau tidak. Jika tergolong asli, maka kamu bisa menginstal langsung pada laptop dan PC. Tapi jika bukan versi asli, maka bersiaplah untuk menyiapkan Amazon AppStore.

Menginstal Amazon AppStore

Amazon AppStore ini bisa kamu peroleh dari Microsoft Store. Bisa dibilang juga sebagai pihak ketiga untuk mengistall software Al Quran. Tapi, penggunaan store ini cukup praktis. Klik pada tombol “Dapat” begitu menemukannya pada Microsoft Store. Sehingga pemasangan berjalan secara otomatis.

Membuka Akun Amazon

Begitu proses instalasi selesai, muncul menu “Mulai”. Tampilan ini disertai dengan daftar perangkat yang ada. Kemudian kamu perlu membuka Amazon Store menggunakan akun Amazon.

Menginstall Aplikasi Al Quran

Amazon Store menyediakan kolom pencarian untuk memudahkanmu. Jangan lupa mengetik nama aplikasi Al Quran. Lalu, bukalah icon perangkat tersebut. Lanjutkan dengan klik “Install” untuk proses pemasangan. Kamu bisa segera mengaji setelah proses instalasi selesai.

Hal paling penting dari cara menginstal aplikasi Al Quran di laptop atau PC adalah kompatibel. Karena vendor pembuat software kitab suci umat Islam cukup banyak jumlahnya. Sedangkan semua memiliki karakter sendiri-sendiri. Sehingga kamu perlu mencocokkan dengan spesifikasi laptop. Agar melantunkan ayat-ayat Allah SWT dengan lancar.

🔴 BACA JUGA:  Tips Cara Memilih Aplikasi Al Quran yang Bagus untuk Smartphone

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
4
Share