19 Film Romantis Indonesia Sepanjang Masa, Ada Tahun 2022

Siapa yang tidak suka dengan film romantis? Film yang menceritakan kisah cinta dua insan memang salah satu yang paling digandrungi masyarakat Indonesia. Ada banyak film romantis Indonesia dengan kualitas jempolan, tidak norak dan bisa dibandingkan dengan film luar.

Salah satu aktor terkenal yang sering membintangi film romantis adalah Reza Rahardian. Aktor berbakat ini tidak pernah gagal memerankan seorang pria yang jatuh cinta di film romantis. Tentunya, masih banyak aktor dan aktris lain yang tidak kalah berbakat.

Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi film cinta dan romantis karya sutradara Indonesia, kami sudah punya daftarnya. Di bawah ini bisa kamu cek daftar film romantis karya insan perfilman Indonesia yang dianggap sebagai terbaik sepanjang masa

Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Mas

1. AADC

AADC

Siapa yang tidak tahu dengan film romantis ini? AADC atau Ada Apa dengan Cinta adalah film romantis yang tayang pada 2002 lalu, dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Adinia Wirasti, Sissy Priscilla dan lain sebagainya.

AADC berkisah tentang kisah cinta masa-masa SMA antara Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Kisah bermula ketika Cinta kalah dari Rangga dalam perlombaan puisi, cowok yang terkenal penyendiri.

Dari sini, Cinta ingin mewawancarai Rangga, namun sikapnya yang angkuh dan cuek membuat Cinta kesal. Lambat laun, keduanya dekat dan Cinta jatuh hati pada Rangga. Masalahnya, kisah cinta mereka tidak semulus yang dibayangkan, karena membuat Cinta menjauh dari teman-temannya.

Lalu, siapakah yang akan dipilih Cinta? Kekasihnya Rangga, atau justru teman-temannya? Jika kamu belum pernah melihat film ini, buruan segera saksikan. Kamu pasti tidak akan menyesal, karena film ini termasuk ikonik dan dilabeli sebagai salah satu film legendaris di industri film Indonesia.

2. Ayat-ayat Cinta

Ayat-ayat-Cinta

Ingin menonton film romantis Indonesia dengan nuansa Islam? Kamu bisa mencoba untuk menonton Ayat-ayat Cinta. Film ini diangkat dari novel Habiburrahman El-Shirazy dengan judul yang sama, dan sempat menuai kontroversi karena mengangkat isu poligami.

Terlepas dari kontroversi tersebut, Ayat-ayat Cinta termasuk sukses, dan menjadi salah satu film terbaik di Indonesia. Film ini mengisahkan tentang Fahri (Fedi Nuril), mahasiswa S2 di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Fahri ingin menikah selepas wisuda, meskipun belum memiliki hubungan dengan wanita sama sekali. Padahal, banyak yang tertarik dengannya, misalnya saja  Maria Girgis (Carissa Puteri), Nurul (Melanie Putria), Noura (Zaskia Adya Mecca) dan Aisha (Rianti Cartwright).

Kepada siapakah Fahri melabuhkan hatinya? Karena kami anti dengan spoiler, kamu bisa menontonnya sendiri. Dan bagi yang sudah menonton Ayat-ayat Cinta, sudah ada sequelnya dengan judul Ayat-ayat Cinta 2.

3. Habibi & Ainun

Rudy-Habibie

Habibi & Ainun adalah film romantis karya sutradara Indonesia yang wajib kamu tonton, setidaknya sekali seumur hidup. Film yang diangkat dari nobel berjudul Ainun karya B.J Habibie ini termasuk salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa.

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan romansa antara B.J Habibie dengan sang istri, yaitu Hasri Ainun Habibie. Film mengisahkan pertemuan keduanya pertama kali hingga sang istri berpulang selamanya karena kanker.

Ainun diperankan oleh Maudy Ayunda, dan B.J Habibie diperankan oleh Reza Rahardian. Akting keduanya termasuk sukses, karena Habibi & Ainun berhasil masuk ke jajaran box office Indonesia, dengan jumlah penonton yang mencapai jutaan.

4. Dilan 1990

Dilan-1990

Mungkin tidak ada yang belum pernah menonton Dilan1990, film romantis Indonesia yang sangat booming pada masanya. Dilan 1990 memang termasuk film yang sukses masuk jajaran film box office di bioskop Indonesia, dengan penonton yang mencapai jutaan orang.

BACA JUGA:  Bingkai Foto Peringatan 153 Tahun, Rekomendasi 2022

Dilan 1990 mengambil latar belakang tempat di Bandung pada tahun 1990, menceritakan kisah cinta sang tokoh utama, yaitu Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Milea adalah murid pindahan yang datang dari Jakarta ke Bandung, dan sedang didekati oleh Dilan di sekolah.

Karena reputasinya yang kurang bagus, Milea sempat risih dengan Dilan. Namun seiring waktu, akhirnya Milea luluh juga dan mereka memutuskan untuk berpacaran. Kisah yang diangkat dari novel Pidi Baiq ini masih ada sequelnya, yaitu Dilan 1991 dan Milea.

5. Twivortiare

Twivortiare

Twivortiare adalah film romansa Indonesia yang menceritakan tentang Beno (Reza Rahardian) dan Alexandra Rhea (Raihaanun). Keduanya jatuh cinta pada pandangan pertama, lalu memutuskan untuk berpacaran dan menikah.

Namun, karena kesibukan masing-masing, terutama Beno yang merupakan dokter bedah jantung ternama, rumah tangga mereka berada di ujung tanduk. Tepat setelah dua tahun mereka menikah, dua sejoli ini memutuskan untuk bercerai, meskipun masih ada rasa cinta di antara mereka.

Namun, setelah bercerai, beberapa kejadian tak terduga sering mempertemukan keduanya. Apakah mereka bisa bersatu kembali? Jika penasaran dan belum melihatnya, kamu bisa menontonnya. Oh ya, selain Reza dan Raihaanun, aktor ternama yang bermain di film ini adalah Denny Sumargo dan Anggika Bolsterli.

6. Galih & Ratna

Galih-Ratna

Galih & Ratna juga termasuk film romantis Indonesia yang terbaik, yang merupakan remake dari film Gita Cinta dari SMA yang rilis pada 1979 lalu. Film ini mengisahkan kisah cinta dari Galih (Refal Hady) dan Ratna (Sheryl Sheinafia).

Mereka berpacaran bermula karena sama-sama memiliki ketertarikan dalam bidang musik. Namun, ada beberapa perbedaan yang mengancam hubungan mereka? Lewat film ini, kamu akan mengikuti kisah cinta masa remaja yang manis, pahit dan bikin tidak move on.

7. Layla Majnun

Layla-Majnun

Apakah kamu pernah membaca novel Layla Majnun karya Nizami Ganjavi? Jika iya, novel tersebut telah diadaptasi dengan bebas oleh sutradara Indonesia, dengan judul yang sama, yaitu Layla Majnun. Karena bebas, tentu ada sentuhan Indonesia di dalamnya.

Layla (Acha Septriasa) adalah novelis dan dosen, yang karyanya diakui hingga luar negeri. Dia mendapatkan kesempatan untuk menjadi dosen di Azerbaijan. Namun, dia merasakan dilema, karena dijodohkan dengan Ibnu (Baim Wong), teman masa kecil yang sering membantu keluarga secara finansial.

Demi keluarganya, dia menerima perjodohan tersebut, namun minta izin untuk tetap menjadi dosen di Azerbaijan. Masalahnya, di negara asing tersebut, dia justru jatuh cinta dengan mahasiswanya, yang juga menggemari novelnya.

8. Imperfect

Imperfect

Berikutnya ada Imperfect: Karir, Cinta dan Timbangan, film romantis Indonesia yang disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini diangkat dari novel karya istrinya sendiri, yaitu Meira Anastasia. Imperfect menceritakan tentang transformasi seseorang untuk menjadi lebih baik.

Menceritakan tenang wanita gemuk dan suka makan bernama Rara (Jessica Mila), yang mengalami perundungan di kantor berkat tubuhnya yang tidak biasa. Namun, Dika (Reza Rahardian) melihat kecantikan Rara yang sejati, sehingga mendekatinya dan ingin menjadikannya pacar.

Film ini termasuk mendapatkan kesuksesan dan telah ditonton oleh jutaan orang di bisokop. Film dengan genre drama, komedi dan keluarga ini mendapatkan rating yang sangat bagus di IMBD, yaitu 8.1/10. Jika belum pernah menontonnya, jangan lupa memasukkan Imperfect ke whis list.

9. Dua Garis Biru

Dua-Garis-Biru

Film romansa SMA ini mengandung banyak pelajaran, bahwa harus ada batasan-batasan dalam sebuah hubungan. Dua Garis Biru adalah film drama dan keluarga dengan pemeran utama Angga Yunanda (Bima) dan Dara (Zara JKT48).

BACA JUGA:  Idlix Apk - Streaming Film & TV Series Subtitle Indonesia

Mereka adalah murid SMA yang menjadi sepasang kekasih. Sayangnya, mereka melakukan hubungan terlarang hingga membuat Dara hamil, padahal masih belia. Akibatnya, keduanya harus menanggung risiko tak terbayangkan dari perbuatannya tersebut.

10. Posesif

Posesif

Film romantis Indonesia yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Posesif. Film ini menceritakan tentang kisah cinta yang toksik antara dua insan. Bisa menjadi pelajaran bagi yang sedang berada dalam hubungan (baik pacaran atau menikah), bahwa hubungan yang toksik adalah tidak baik.

Posesif menceritakan kisah cinta antara Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken), yang bersekolah di SMA yang sama. Lala, seorang atlet lompat indah, mengalami hal-hal yang tidak dibayangkan sebelumnya setelah berhubungan dengan Yudhis, sang cinta pertama.

Bagaimanakah hubungan keduanya? Siapakah yang posesif? Untuk mengetahuinya, kamu bisa menonton film ini sendiri ya. Film dengan durasi 1 jam 42 menit ini lumayan mendapatkan rating yang baik di IMDB, yaitu 7.3/10.

11. Surat Cinta untuk Starla

Surat-Cinta-untuk-Starla

Berikutnya ada Surat Cinta untuk Starla, menceritakan tentang Hema (Jefri Nichol), cowok yang suka menulis surat cinta untuk alam. Namun, itu sebelum dia bertemu dengan Starla (Caitlin Halderman), yang berhasil membuatnya jatuh cinta dalam 6 jam.

Hema sadar bahwa surat cinta yang dia tulis untuk Starla lebih indah daripada surat cinta untuk alam. Sayangnya, Starla tiba-tiba menjauh, dan menyuruh Hema untuk melupakan kisah 6 jam mereka yang indah.

12. AADC 2

AADC-2

Film ini merupakan sequel dari AADC, yang tidak kalah populer dibandingkan dengan film pertamanya. Masih menceritakan tentang Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra), yang sama-sama telah tumbuh dewasa.

Diceritakan bahwa Cinta adalah pemilik Kafe Seni Pop Mini di Jakarta, sedangkan Rangga merupakan co-owner kedai kopi di New York City. Atas desakan adik tirinya, Rangga kembali ke Indonesia untuk mengunjungi ibunya sekaligus menemui Cinta.

13. Rudy Habibie

Rudy-Habibie

Bagi yang penasaran dengan kisah cinta B.J Habibie sebelum bertemu dengan Ainun, bisa menonton film ini. Rudy Habibie adalah prequel dari film Habibie & Ainun, menceritakan kisah B.J Habibie muda (Reza Rahardian) saat masih kuliah di Jerman bersama dengan teman-temannya.

Di jerman, dia bertemu dan jatuh cinta dengan Ilona Ianovska (Chelsea Islan), wanita Polandia. Selain kisah cintanya tersebut, film ini juga menceritakan tentang kisah B.J Habibie yang ingin memajukan Indonesia, meskipun banyak halang rintang yang menerjang.

14. Toko Barang Mantan

Toko-Barang-Mantan

Toko Barang Mantan menceritakan tentang Tristan (Reza Rahardian) yang mendirikan toko dengan nama Toko Barang Mantan. Ya, toko ini memang membeli barang-barang pemberian mantan, agar yang bersangkutan bisa cepat move on.

Cerita semakin menarik ketika Laras (Marsha Timothy) datang ke toko miliknya untuk menjual cincin tunangannya. Laras sendiri merupakan mantan pacar Tristan saat kuliah dulu. Merasa mendapatkan kesempatan, Tristan bertekad mendapatkan hati Laras, salah satunya dengan menyukseskan tokonya.

15. Teman Tapi Menikah 1 & 2

Teman-Tapi-Menikah-1-2

Teman Tapi Menikah diangkat dari kisah nyata, menceritakan tentang dua sahabat yang akhirnya menikah. Di film pertama, menceritakan tentang kisah Ayu (Vanesha Priscilla) dan Ditto (Adipati Dolken), dua sahabat yang akhirnya jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.

Di film yang kedua, menceritakan tenang kisah Ayu (Mawar Eva) dan Ditto (Adipati Dolken) yang menjalani rumah tangga dengan bumbu-bumbu di dalamnya. Bagi kamu yang suka film romansa dari sahabat menjadi kekasih lalu menikah, film ini tepat untuk ditonton.

Film Romantis Indonesia Terbaru 2022

Berikut kami rekomendasikan film romansa yang romantis dan baru rilis akhir-akhir ini :

BACA JUGA:  HUT Kota Binjai ke 150, Gambar Ucapan Tahun 2022

1. Dear Nathan: Thank You Salma

Dear-Nathan-Thank-You-Salma

Film ini merupakan sequel dari film yang pertama dengan judul Dear Nathan (2018), yang menceritakan tentang kisah cinta Nathan dan Salma. Diceritakan, pada film yang kedua ini, Nathan dan Salma sedang menjalani LDR, alias hubungan jarak jauh.

Nathan sibuk dengan sebagai aktivis kampus, yang mengurangi intensitas hubungannya dengan Salma. Sedangkan Salma justru dekat dengan Afkar, yang menurutnya memiliki banyak kesamaan dengannya serta bisa lebih memahaminya.

Salma dan Afkar saling menaruh hati, meskipun Salma sadar bahwa perbuatannya tersebut sama sekali tidak bisa dibenarkan. Lalu, bagaimana kelanjutan dari kisah cinta segitiga ini? Film ini sangat direkomendasikan, berkat chemistry Jefri Nichol dan Amanda Rawles yang luar biasa.

2. Cinta Pertama, Kedua & Ketiga

Cinta-Pertama-Kedua-Ketiga

Film yang baru saja rilis tahun 2022 ini menceritakan tentang Raja (Angga Yunanda) dan Asia (Putri Marino), yang memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut adalah keduanya sama-sama merawat orang tua tunggal.

Berbeda dengan Raja yang ingin hidup mandiri seperti dua saudara lainnya, Asia berbeda. Dia ingin mengabdikan diri kepada ibunya dan rela berkorban. Perbedaan prinsip inilah yang menjadi cobaan antara cinta Raja dan Asia.

3. Ben & Jody

Ben-Jody

Selanjutnya ada Ben & Jody, yang mengisahkan tentang Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto). Mereka bertemu dengan Rinjani (Hana P. Malasan), Jago (Reza Hilman), Tambora (Aghniny Haque) dan Musang (Muzakki Ramadhan).

Ben dan Jody menjalani petualangan dan permasalahan terbaru yang lebih kompleks dari sebelumnya. Bahkan, permasalahan tersebut bisa mengancam hidup mereka. Namun, mereka tetap waras berkat drama persahabatan dan percintaan romantis dengan teman-teman yang baru saja mereka temui.

4. Yuni

Yuni

Tidak hanya menceritakan kisah cinta saja, namun Yuni lebih daripada itu. Ya, banyak yang menyebut bahwa film ini penuh dengan pesan feminisme dan pembedayaan perempuan. Betapa, di beberapa daerah, value perempuan masih sangat rendah.

Sesuai namanya, film ini mengisahkan tentang Yuni (Arawinda Kirana), gadis cerdas yang tiba-tiba dilamar oleh seorang pria. Padahal, Yuni masih ingin melanjutkan pendidikan agar bisa mencapai cita-citanya. Tak pelak, Yuni pun menolak lamaran tersebut, tidak hanya sekali namun berkali-kali.

Masalahnya, Yuni juga merasa takut, karena adanya mitos di tempat tinggalnya bahwa wanita yang menolak lamaran berkali-kali tidak akan bisa menikah sama sekali. Atas akting Arawinda Kirana yang luar biasa serta isu film yang diusungnya, Yuni berhasil menang di Festival Film Internasional Toronto.

Di atas adalah rekomendasi film romantis Indonesia yang bisa kamu tonton, setidaknya sekali seumur hidup. Beberapa film bahkan sangat layak untuk kamu tonton kembali saking bagusnya. Kamu bisa menonton film di atas di platform streaming seperti Netflix, Disney + Hotstar dan lain sebagainya.

 

Lihat Juga :

No ratings yet.

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.