12 Aplikasi Perekam Suara di Laptop

Aplikasi Perekam Suara di Laptop
Aplikasi Perekam Suara di Laptop

Kemajuan teknologi saat ini membuat berbagai perubahan dalam segala bidang. Salah satunya adalah penggunaan laptop atau PC. Alat ini mungkin sering digunakan untuk merekam suara seperti rekaman musik atau editing video. Akan tetapi, pada awal tahun 2019 semenjak Covid-19 mewabah di Indonesia, penggunaan laptop atau PC sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan dan pekerjaan. Maka tidak heran kalau aplikasi perekam suara di laptop menjadi buruan pengguna laptop.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara di Laptop

Banyak software perekam suara yang bisa kamu gunakan di laptop pada saat ini. Mulai dari aplikasi perekam suara di laptop gratis sampai perekam suara online pun ada. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, berikut ada rekomendasi aplikasi perekam suara di laptop yang bisa kamu coba. Yuk, langsung kita bahas saja berikut ini!

Baca Juga: 13 Aplikasi Like FB Banyak, Bikin Postingan Auto Viral

Freesound Recorder

Sesuai dengan namanya, Freesound Recorder ini bisa digunakan secara gratis tanpa ada batasan penggunaan. Aplikasi perekam suara di laptop gratis ini memberikan kemudahan dalam hal penggunaannya terutama bagi kamu yang baru saja ingin memulai suatu project rekaman menggunakan laptop.

Fitur-fitur yang ditawarkan lebih simple, tetapi lebih berkualitas dibandingkan dengan software rekaman suara bawaan di laptop. Bagi pengguna baru, dijamin tidak akan kebingungan dalam menggunakan aplikasi perekam suara ini. Hasil dari rekaman suara yang kamu lakukan bisa disimpan dalam beberapa format seperti Mp3 dan WAV.

Audacity

Aplikasi perekam suara di laptop ini juga termasuk ke dalam aplikasi perekam suara di laptop gratis. Tampilan yang simpel dan tidak terlalu banyak fitur-fitur membuat aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan khususnya bagi kamu pengguna pemula. Kelebihan dari aplikasi perekam suara ini adalah memungkinkan penggunanya untuk melakukan edting-multi track dengan mendukung plug in VST.

Dengan adanya fitur tersebut, kamu bisa mencoba melakukan rekaman dan edting suara seperti gitar, vocal, dan lainnya secara bersamaan. Software perekam suara ini bisa kamu gunakan di beberapa sistem operasi seperti Windows dan Mac OS.

Baca Juga: Aplikasi Online Shop Free Ongkir Terlaris di Indonesia dan Dunia

WavePad

WavePad ini cukup populer di kalangan editor. Tak hanya untuk merekam suara, aplikasi ini juga bisa melakukan editing suara dengan menggunakan sejumlah pengaturan dan fitur-fitur yang sudah disediakan.

Kamu juga bisa memotong wave suara yang kamu hasilkan dan melakukan proses editing lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows ataupun Mac OS. WavePad tersedia secara gratis dan mempunyai versi Pro untuk kamu yang ingin mendapatkan layanan secara penuh dengan fitur-fitur canggih yang bisa digunakan tentunya.

Adobe Audition

Aplikasi perekam suara di laptop yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para musisi atau editor musik. Design aplikasi perekam suara ini terlihat sangat profesional dengan tawaran fitur-fitur seperti editing, mixing dan recording. Untuk kamu yang suka bermain musik dan ingin merekam lagu, aplikasi ini sangat cocok digunakan. Dengan menggunakan konsep multi-track recording, kamu bisa melakukan rekaman berbagai jenis instrumen musik termasuk vocal.

Untuk kualitas suara yang dihasilkan sudah jangan ditanya lagi tentunya. Adobe Audition memungkinkan kamu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas suara yang nantinya akan dihasilkan. Format keluaran suaranya pun beragam mulai dari Mp3, WAV, Midi, AAC dan lainnya.

Sound Forge

Aplikasi rekaman suara PC yang bisa digunakan untuk kamu yang bekerja di bidang rekaman musik yang satu ini mempunyai fitur seperti Multi-Channel atau Multi-Track Recording, Real time sample level wave editor, Voice Activity Detector, Disk Protocol Export, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat

Wavosaur

Aplikasi perekam suara di PC gratis ini bisa kamu download di berbagai platform search engine. Meskipun Wavosaur ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Namun, kualitasnya tidak kalah dengan software perekam suara yang berbayar. File yang bisa kamu hasilkan dari aplikasi ini adalah WAV dan Mp3 dengan proses rekaman yang cukup mudah apalagi untuk kamu pengguna pemula.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba aplikasi perekaman suara di laptop yang satu ini?

Oceanaudio

Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur canggih selain untuk merekam suara, yaitu memungkinkan kamu untuk merekam layar ketika dibutuhkan. Oceanaudio ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows maupun Mac OS. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur editing untuk meningkatkan kualitas suara yang kamu hasilkan. Tersedia secara gratis dan berbayar untuk versi Premiumnya.

Mix Pad

Kelebihan dari Mix Pad ini adalah mendukung semua format suara seperti WAV, Mp3, AAC, Midi dan masih banyak lagi. Fitur editing yang dimiliki oleh software perekam suara ini juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa suara dan instrumen.

FL Studio

Bagi kamu yang merasa kurang dengan fitur-fitur rekaman bawaan laptop, kamu bisa mencoba FL Studio untuk mendapatkan pengalaman rekaman suara secara profesional. FL Studio ini menyediakan fitur-fitur canggih yang biasa digunakan di dapur rekaman para musisi. Aplikasi ini memungkin kamu untuk melakukan recording, editing dan mixing. Untuk kamu yang suka membuat lagu atau aransemen musik, aplikasi ini sangat cocok digunakan.

Garage Band

Aplikasi yang dikembangkan oleh Apple ini menjadi salah satu aplikasi populer bagi kamu pengguna Mac Os. Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat musik secara independen karena bisa membuat track gitar, piano, drum bahkan vocal hanya dengan bermodalkan satu gadget saja.

Baca Juga: 8 Macam-macam Aplikasi Internet dan Fungsinya, Kamu Harus Tahu!

Cool Editing

Aplikasi rekaman suara di laptop ini tergolong aplikasi jadul, tetapi layak untuk dicoba. Seperti semua aplikasi perekam lainnya, format suara yang bisa kamu hasilkan dari aplikasi ini bisa berbagai macam seperti WAV, Mp3, Midi, dan lainnya. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis dan juga ada versi Pro yang tentunya berbayar. Cool Editing tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac OS.

Jet Audio Basic

Aplikasi rekam suara ini tidak hanya bisa melakukan recording saja, melainkan bisa membaca berkas-berkas audio dan video yang biasanya sulit dibuka seperti video dengan format .mov. Jet Audio Basic bisa kamu gunakan secara gratis dan tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac OS.

Bagi yang tidak mempunyai storge lebih untuk menginstall aplikasi di laptop, kini tersedia aplikasi perekam suara online. Kamu cukup mengunjungi situs websitenya dan melakukan voice recording secara langsung. Salah satu situs untuk melakukan rekaman suara secara online adalah online-voice-recorder.com.

Baca Juga: Wajib Punya! 13 Aplikasi untuk Android yang Sudah di Root

Kenapa harus Menggunakan Aplikasi Perekam Suara PC atau Laptop?

Laptop atau PC sebenarnya sudah dibekali dengan software perekam suara bawaan atau yang lebih dikenal dengan internal audio recorder. Khusus untuk kamu yang menggunakan windows 10 atau 11, cukup dengan menekan tombol “windows+G” maka menu rekaman suara ataupun layar akan langsung muncul.

Akan tetapi, beberapa dari pengguna laptop atau PC merasa tidak puas dengan hasil rekaman dari internal audio recorder laptop atau PC mereka sendiri. Untuk mengakali hal tersebut, munculah aplikasi perekam suara di laptop yang bisa meningkatkan hasil kualitas rekaman.

Aplikasi perekam suara PC sering digunakan bagi mereka yang berkarir di dunia editing video atau dapur rekaman musik. Banyak sekali aplikasi perekam suara di laptop gratis yang bisa digunakan untuk voice recording dengan hasil jernih tanpa adanya noise.

Untuk yang merasa kurang cocok dengan software perekam suara bawaan, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi perekam suara di laptop yang tentunya mempunyai fitur canggih yang tidak tersedia pada internal audio recorder PC.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba salah satu aplikasi perekam suara di laptop tadi? Gunakan aplikasi yang cocok dengan spesifikasi laptop yang kamu punya dan sesuaikan dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share