11 Daftar Aplikasi Menulis di Hp yang Kekinian

Aplikasi Menulis di Hp
Aplikasi Menulis di Hp

Pekerjaan yang butuh aplikasi menulis di hp bisa dari beragam kebutuhan. Tetapi tentu saja para penulis akan terbantu jika bisa mencatat apapun sepanjang waktu. Jadi tidak harus menyalakan perangkat komputer dan laptop apabila terbatas kondisinya. Lewat aplikasi ponsel tulis-menulis itu kita dapat membuat catatan kecil atau tulisan panjang sesegera mungkin.

Setiap aplikasi menulis di hp juga memiliki spesifikasi atau kekhususan masing-masing. Dimulai dari yang general artinya dapat digunakan buat catatan tugas kerja, menulis artikel, dan menulis cerita. Sedangkan jika fungsi khusus ada bentuk notes hingga novel.

Daftar Aplikasi Menulis di Hp yang Kekinian

Sederet aplikasi terbaik di layar smartphone android berikut ini sangat mudah diunduh sesuai keperluan Anda. Setelah download cukup jalankan aplikasinya sampai fitur penulisan telah aktif.

Nah sebaiknya kita review saja berbagai aplikasi pencatat di hp yang paling sering digunakan online maupun offline. Secara spesifik untuk pekerjaan rutin, membuat notes harian, dan juga kepenulisan fiksi.

Microsoft Word

Selama ini Microsoft Word selalu muncul di daftar paling andalan. Apalagi versi android, yaitu MS Word kini hampir persis dengan PC dan laptop. Sangat mudah melakukan editing, menampilkan seluruh tulisan, bahkan berbagi file melalui media sosial dan Whatsapp.

Tentunya hampir semua tugas dan pekerjaan bakal dipermudah oleh MS wzord android ini. Meskipun jika ingin tampilan paling maksimal tetap harus open file melalui komputer. Semisal untuk setting pengaturan huruf, paragraph, dan sebagainya. Terutama buat penyimpanan data tulisan yang dirasa sangat penting.

Google Doc

Suatu fitur pelengkap aplikasi menulis di hp yang komplit. Google Docs punya fungsi penyimpanan otomatis. File dapat dibuka melalui Google Drive kapan saja menggunakan perangkat apapun. Kelebihan lain adalah bisa melihat isi data sebelumnya dan boleh editing.

Aplikasi penulis Google Docs dapat mengatur jenis font, ukuran, dan pilihan lain pada MS Word melalui Google Docs ini. Di samping itu, perubahan PDF menjadi Word cukup mengunggah file PDF yang ingin diubah ke Google Docs. Setelahnya klik file kemudian pilih Download as Microsoft Word (docx) untuk edit dokumen tersebut.

IA Writer

Salah satu aplikasi menulis di hp yang populer. Dengan tampilan sederhana dan klasik pengalaman menulis jadi nyaman. Antara lain menulis artikel, cerpen, novel, buku, dan sebagainya.

Pengunduhan IA Writer pada platform Android, Windows, macOS, iOS, dan sebagainya. Terdapat fitur mode focus dan penyorotan sintaks agar memperjelas kata benda, kata sifat, kata kerja, dan kata keterangan, di dalam dokumen tersebut. Menariknya lagi tersedia mode cahaya gelap buat yang sedang menulis cerita dalam waktu lama.

Jotterpad

Aplikasi buat penulis ini tepat digunakan oleh para penulis buku. Fiturnya sebagai salah satu aplikasi menulis terbaik sangat mudah digunakan meski gratis.

Jotterpad memiliki berbagai format yang bisa dibuat, misalnya format .txt, PDF, markdown, dan docx. Selain itu, terdapat kamus built-in, free distraction editor, quick preview, dan screenwriter profesional

Evernote

Evernote salah satu aplikasi notes terpopuler. Evernote sangat lengkap untuk catatan atau notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel dari browsing, serta berbagai akses dari perangkat digital. Catatan baru dapat dibuat dengan klik tombol “New Note” di sebelah kanan atas jendela.

Fasilitas Evernote antara lain search, tag dan kategori, copy paste, dan share melalui social media. Kelebihan lain yaitu fitur notebook, checklist, voice note, attachment, menyimpan klipping, tabel, setting reminder, sinkronisasi, bahkan mengembalikan data hilang.

Storial.co

Aplikasi menulis cerita ini sering diakses oleh ribuan penulis cerpen dan novel populer. Salah satu penulis ternama yang memanfaatkan Storial.co adalah Dewi Lestari untuk publikasi buku novel “Rapijali”.

Menariknya dari aktivitas menulis cerita bisa diperoleh royalty berjumlah cukup besar. Dari aplikasi Storial.co pengguna bisa memulai bab demi bab yang diupload, dipublish, serta dikomentari para pembacanya.

Syarat royalti antara lain penulis harus memiliki karya dengan jumlah pembaca sekitar 750 orang serta lima bab gratis dan memperoleh lima ulasan positif. Pembagian royalty sekitar 50 persen untuk penulis, dan sisanya masuk ke Storial.co.

Character Story Planner

Aplikasi menulis di hp yang satu ini sangat cocok buat penulisan narasi cerita panjang, seperti halnya novel dan scenario. Seperti namanya Character Story Planner dilengkapi desain karakter, latar, benda, atau elemen primer serta sekunder apapun di dalam cerita.

Inkredible

Aplikasi menulis di hp selanjutnya disebut Inkredible. Aplikasi handwriting note ini mempermudah Anda menulis tangan di layar ponsel. Selain itu media dapat diunggah bahkan hasil screenshot dapat diedit sesuai tujuan menulis tugas. Terdapat juga fitur simple dan beautiful yang sesuai tampilan rapi, bersih, dan simple.

ColorNote

ColorNote merupakan aplikasi buku catatan yang didesain dengan warna memikat. Berbagai fiturnya mudah digunakan secara penyuntingan buku catatan, memo, email, pesan, agenda, dan sebagainya. Background latar belakang dapat diubah sesuai selera semisal warna merah, biru, kuning, dan sebagainya.

Cara mengubah warna background sangat mudah, yakni:

  • Buka aplikasi ColorNote, lalu pilih menu lainnya.
  • Pilih menu pengaturan dan cari menu “warna bawaan”.
  • Silahkan pilih warna note yang sesuai.

Steller

Singkatan dari “Story Teller” atau pencerita. Aplikasinya dapat menyuguhkan konten buku digital yang mudah diakses. Tidak hanya lembaran tulisan, tapi juga susunan foto serta video story.

Fitur Steller antara lain home screen untuk menampilkan koleksi cerita pilihan Steller. Sedangkan jika ingin membuat cerita tekan tombol berlogo pensil pada bagian kanan bawah home screen tersebut. Kemudian pilih tema untuk menyusun cerita dan foto Anda. Segera unggah cerita saat foto dan video selesai disusun bersama kalimat cerita. Publish tulisan. Sangat simple, bukan!

Wattpad

Platform menulis novel yang satu ini tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Sejumlah penulis Wattpad pun telah berhasil menjual karya novel online untuk dijadikan scenario film layar lebar. Komunitas pembaca dan penulis Wattpad kebanyakan dari kalangan muda yang punya beragam ide. Sebagai penulis Wattpad pemula jangan ragu menuangkan ide bercerita yang semenarik mungkin. Anda bisa memilih menu “create” dengan opsi “create new story” dan “edit another story” untuk editing.

Selain menulis Anda dapat membaca ribuan Wattpad Story dari berbagai genre tulisan. Supaya dapat akses tanpa batas cukup membeli fitur premium sehingga bebas iklan termasuk saat offline. Masukkan detail penting seperti judul, deskripsi, dan cover, sebelum cerita mulai dituliskan, agar dapat menarik perhatian para pembaca cerita Anda.

Demikian tadi sejumlah referensi untuk memilih aplikasi menulis di hp sesuai kepentingan atau kebutuhan Anda. Manfaatkan sebaik mungkin agar pekerjaan serta keinginan menjadi penulis top bisa segera terwujud.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News